Tanya veronika asisten virtual merupakan sebuah produk layanan digital (digital service) yang dibuat menggunakan sistem artificial intelligence berbasis chatting yang dapat diakses secara online melalui akun resmi di situs Telkomsel, WhatsApp, LINE, Telegram, aplikasi MyTelkomsel, dan Facebook Messenger.
 
Kita sebagai pelanggan operator telepon seluller tentu akan mencari produk yang dapat memberikan pelayanan terbaik kepada kita, selalu berinovasi dan cepat memberikan respon ketika kita dalam masalah. Dalam hal inovasi teknologi pada pelayanan "gangguan" tentu kita sepakat mengakui bahwa telkomsel lah yang dapat memberikan layanan terbaik dan tercepat melalui tanya veronika asisten virtual melalui fasilitas perpesanan (messenger).
 
Sejak berdiri pada tanggal 26 Mei 1995, Telkomsel secara konsisten seperti yang kita ketahui bahwa telkomsel lah yang paling banyak melakukan survey dan riset pengukuran dalam hal kepuasan pelanggan, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar dinamika kepuasan pelanggan yang terus dan tidak berkesudahan selalu dapat diikuti oleh telkomsel.

Sesuai dengan slogannya "Begitu Dekat Begitu Nyata" (So Close So Real) telkomsel ingin agar pelanggan dipermudah untuk mendapatkan pelayanan, selain itu dapat dengan mudah menghubungi pusat pelayanan. Oleh karenanya sejak tiga tahun lalu tepatnya pada 24 agustus 2017 veronika sebagai asisten virtual telkomsel mulai melayani pelanggan. 
 

Tanya Veronika Asisten Virtual

Tanya veronika asisten virtual adalah seorang asisten virtual yang diberi tugas oleh sistem untuk membantu pelanggan mengecek sisa kuota, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, membeli paket, dan informasi lain seputar layanan dan produk dari telkomsel.


Tanya veronika asisten virtual adalah sebuah sistem aplikasi komputer yang dirancang dengan algoritma jaringan syaraf tiruan dan kecerdasan buatan digunakan secara virtual sebagai asisten untuk melaksanakan komunikasi dua arah kepada pelanggan dan memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada pelanggan melalui platform perpesanan (messenger), dan mampu melaksanakan tugas-tugas mengeksekusi sebuah perintah input seperti mengecek sisa kuota, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, membeli paket, dan informasi lain seputar layanan dan produk dari telkomsel.

Seluruh pelanggan kecuali pelanggan kartu Halo corporate dan nomor tambahan dapat menggunakan layanan tanya veronika asisten virtual ini.

Tentang Veronika si Asisten

Sebelumnya kita patut bangga karena telkomsel adalah sebuah perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara, yang memiliki layanan customer service nya berbasis kecerdasan buatan yaitu veronika asisten virtual.

Sebenarnya asisten virtual veronika sendiri adalah sebuah chatbot yang dikembangkan melalui sistem Kecerdasan buatan (artificial intelligence) yaitu salah satu sistem pemrosesan informasi yang didesain untuk menirukan cara kerja otak manusia dalam menyelesaikan suatu masalah.

Menurut Kusuma dewi dalam bukunya yang terbit tahun 2006 Kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence merupakan salah satu/bagian dari ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) mempunyai kecerdasan yang dapat melakukan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia.

Kemudian jika berbicara AI ini tidak terlepas dari Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Jaringan Syaraf Tiruan merupakan suatu representasi buatan dari otak manusia sehingga sistem pemrosesan informasi didesain menirukan cara kerja otak manusia dalam menyelesaikan masalah dengan melakukan proses belajar melalui perubahan bobot sinapsisnya.

Data masa lalu akan dipelajari oleh jaringan syaraf tiruan sehingga ia akan mempunyai kemampuan untuk memberikan keputusan terhadap data yang belum pernah dipelajari, jadi ini membuat hampir tidak akan melakukan kesalahan dalam pemberian informasi.

Setiap informasi apapun akan disimpan didalam neuron-neuron JST dan diberi bobot, jika nanti akan dipanggil neuron-neuron tersebut maka yang akan diaktifkan adalah neuron dengan bobot tertinggi, intinya semakin banyak informasi yang disimpan JST ini akan semakin cerdas, bahkan akan lebih cerdas dari manusia.

Jadi pelanggan telkomsel nantinya serasa seperti melakukan chat dengan manusia pada umumnya bukan dengan bot yang didesain menggunakan AI, bahkan tanya veronika asisten virtual lebih cerdas dan lebih cepat memberi informasi.

Tanya Veronika Aja, Mudah Menggunakannya

Untuk menggunakan layanan ini anda hanya cukup mengakses langsung dari link-link berikut dibawah:

  1. MyTelkomsel (my.telkomsel.com), Bisa juga dengan menginstall aplikasi MyTelkomsel di Android dan IOS, di Android membutuhkan versi Android 5.0 (Lollipop) ke atas. Sebagai catatan aplikasi ini dioptimasi untuk smartphone bukan untuk tablet. Cek detail kuota, atur pengingat tagihan, melihat/mengunduh rincian tagihan (e-bill), ganti paket utama kartuHalo semua bisa di akses melalui aplikasi ini juga bisa chat tanya veronika asisten. Bisa memilih metode pembayaran, melalui LinkAja, OVO, GoPay, DANA, Virtual Account, Kartu Kredit dan ShopeePay serta Kredivo untuk membeli pulsa. Dan khusus untuk pengguna LinkAja, beli pulsa, paket, atau bayar tagihan kini menjadi lebih praktis
  2. Situs web Telkomsel (telkomsel.com), Buka browser di hp atau di pc tinggal klik url disamping anda bisa langsung chat dan tanya veronika.
  3. WhatsApp (tsel.me/wa3), Simpan terlebih dahulu nomor WA veronika telkomsel,+62 811-1111-1111, didalam kontak hp anda, setelah itu anda langsung bisa chat dengan veronika.
  4. Facebook Messenger (tsel.me/fbVA3), login ke akun FB anda dan chat melalui messenger di tautan disamping.
  5. Telegram (tsel.me/TelegramVA3), install aplikasi telegram dan bisa langsung menghubungi veronika.
  6. LINE (tsel.me/lineVA3), unduh dan pasang aplikasi line dan bisa langsung menontak veronika telkomsel asisten virtual.
Platform populer yang digunakan pelanggan untuk menghubungi veronika, sumber data dari thesis T.F. FEBRIAN:2019, adalah seperti pada chart berikut:

Setelah terhubung anda bisa langsung memulai chat dengan mengetikkan kata "Hai" atau "hallo". Kita juga bisa menggunakan menu quick response yang telah tersedia. 

Fungsi dan fitur Asisten Virtual

Ada banyak fungsi dan fitur dari tanya veronika asisten virtual yang tersedia adalah untuk :
  • untuk mengecek sisa kuota Internet,
  • dapat digunakan untuk menukar Telkomsel POIN,
  • menemukan lokasi GraPARI terdekat,
  • membeli paket dan mengirim paket,
  • ganti kartu
  • membeli paket promo
Fungsi Dasar Telkomsel Veronika
Fungsi Dasar Keterangan
Tanya veronika Capability System Asisten Virtual Telkomsel Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait layanan yang tersedia di Asisten Virtual Telkomsel
Tanya asisten virtual tentang Informasi GraPARI
  1. Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait alamat dan jam operasional GraPARI
  2. Informasi Lokasi GraPARI terdekat dengan pelanggan
Tanya veronika asisten virtual tentang Reservasi Antrian Online GraPARI Melakukan pemesanan nomor antrian untuk GraPARI
Tanya veronika tentang Info Paket Aktif & Panduan Berlangganan Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket apa yang sedang aktif atau berlangganan
Tanya asisten virtual tentang Info Voucher Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait terkait voucher yang berlaku (periode aktif, denom voucher)
Tanya veronika asisten virtual tentang Cek Sisa Pulsa Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait untuk pelanggan prabayar terkait sisa pulsa dan masa aktif
Tanya Cek Kuota Paket Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait jumlah kuota paket data, SMS, voice
Tanya Paket Utama Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket utama yang dikatifkan pelanggan
Tanya Info Syarat & Ketentuan Paket Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait syarat dan ketentuan masing-masing paket
Tanya Paket Tersedia
Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket apa yang tersedia
Tanya Paket Unggulan Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait paket yang direkomendasikan untuk pelanggan
Tanya Beli/Berlangganan Paket Pelanggan dapat melakukan pembelian atau belangganan paket
Tanya Cara Upgrade 4G Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait cara upgrade 4G dan lokasi untuk 4G
Tanya Panduan Konfigurasi Panduan pelanggan terkait pengaturan perangkat (refresh jaringan, pengaturan APN) dan panduan pelanggan ketika mengalami permasalahan jaringan/sinyal, internet dan SMS
Tanya Tagihan Berjalan Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait untuk pelanggan pascabayar terkait tagihan berjalan
Tanya Info Tagihan Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait terkait tagihan (status tagihan bulan terakhir, jumlah tagihan, batas akhir pembayaran)
Tanya PIN T-Care Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait berapa PIN T-Care pelanggan
Tanya PUK Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait berapa PUK pelanggan
Tanya Histori Pembayaran & Pembelian Pulsa Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait riwayat pembayaran KartuHALO 3 bulan terakhir dan riwayat isi ulang pelanggan prepaid
Membeli Pulsa Pelanggan dapat melakukan pembelian pulsa
Tanya Bayar Tagihan kartuHalo Pelanggan dapat melakukan pembayaran tagihan pascabayar
Tanya Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait T-Cash Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait terkait TCASH (FAQ, promo, merchant, pemesanan sticker TCASH TAP)
Tanya Cek Telkomsel POIN Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait jumlah TelkomselPOIN
Tanya Penukaran TelkomselPOIN Melakukan penukaran TelkomselPOIN sesuai dengan promo yang tersedia
Tanya Kontak Live Agent Tersambung langsung dengan agent customer care Telkomsel melalui channel LINE, Telegram dan Facebook Messenger
Tanya Lokasi Reseller/M Kios Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait lokasi terdekat Reseller atau M Kios
Tanya Katalog Promosi Memberikan Informasi kepada pelanggan terkait promo apa yang sedang berlangsung disertai dengan layanan aktivasi paket promo
Small Talk Fitur untuk menghibur pelanggan dengan beberapa kategori hiburan

T. FERDI FEBRIAN:2019 dalam tesisnya menggambarkan data penggunaan fitur dan fungsi yang populer digunakan pelanggan ketika menghubungi veronika asisten virtual, seperti pada chart berikut:



3 Langkah Cara Menggunakan

Cara bertanya dengan asisten virtual ini sangat mudah kok sob, saya akan sedikit kasih panduan dan langkah-langkah penggunaannya pada aplikasi WA, dan berikut cara menggunakannya: 
 
 
Panduan WA veronica telkomsel langkah 1


1. Simpan terlebih dahulu nomor whatsapp veronica telkomsel, nomor nya adalah +62 811-1111-1111, didalam kontak hp anda, Jika sudah tersimpan akan terlihat seperti gambar diatas. Pastikan anda tidak salah menyimpan nomernya terlihat tanda akun terverifikasi (verified account) yaitu checklist kecil warna hijau. 
 
 
Panduan Tanya Veronika Asisten Virtual langkah 2


2. Setelah itu mulailah chat dengan veronica dengan kata halo, hai, hello. Dan yang lebih canggihnya lagi anda akan tetap mendapatkan jawaban meskipun anda salah ketik (typo) misalnya halu, hau dari chatbot ini. Dan jawabannya sama dengan ketikkan yang benar. lihat gambar diatas untuk detailnya. 
 
 
Kumpulan chat WA veronica

3. Setelah itu anda tinggal mengikuti menu yang ada dalam jawaban chat tersebut. Misalnya ketik "surprise deal" atau coba tanya veronika "siapa kamu" maka jawaban dari veronika adalah:
"Saya Veronika, virtual asisten Telkomsel Anda. Saya bisa membantu Anda mulai dari bayar tagihan, beli pulsa hingga tukar POIN"
Halo, perkenalkan saya Veronica, asisten virtual Telkomsel yang akan membantu Anda memenuhi segala kebutuhan produk dan layanan Telkomsel....

Untuk menutup sesi chat anda bisa mengetikkan "batal" atau "cancel" untuk membatalkan transaksi, dan jika anda menutup sesi dengan menuliskan "terima kasih bla bla bla" chatbot ini juga akan mengucapkan "Sampai Jumpa", Jadi Ayo Tanya Veronika sekarang tak perlu ragu lagi.


Tanya Syarat dan Ketentuan Penggunaan

Tanya syarat dan ketentuan jika ingin menggunakan layanan veronika asisten virtual telkomsel itu apa aja, dan berikut telah saya rangkumkan untuk anda:
 

Pemblokiran dan Penghentian Sementara

Telkomsel dapat melakukan pemblokiran atau penghentian sementara layanan tanya veronika asisten virtual ini, Jika:

  1. Seandainya anda memberikan data yang tidak benar, tidak pas, tidak komplit, tidak jitu (akurat), karenanya Telkomsel memiliki hak untuk menangguhkan atau menghentikan akses atau pemakaian anda terhadap Layanan Veronica.
  2. Seluruh pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, bisa berpengaruh terhadap dihentikannya akses Anda atas layanan veronica asisten virtual yang disediakan oleh Telkomsel.
  3. Penangguhan atau penghentian layanan tidak bisa digunakan sebagai alasan oleh pengguna untuk tidak menjalankan pembayaran atas layanan yang sudah dipergunakannya, oleh karenanya pelanggan akan bertanggung jawab sepenuhnya untuk segala tarif yang dikenakan atas segala layanan yang dipergunakannya.

Yang Tidak Boleh Dilakukan

Anda sebagai pengguna layanan asisten virtual, saat melakukan chat tanya ke veronika telkomsel tidak diperbolehkan untuk melakukan chat yang berisi hal-hal yang bertentangan dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia, selain itu ada hal-hal berikut yang juga tidak diperbolehkan ketika bertanya:

  • Memakai bahasa kasar, berbau po**ografi, vulgar dan tak etis dalam bertanya memakai layanan virtual asisten ini.
  • Merusak nama baik, orang atau badan lain dengan cara mengancam, menghina, dan melecehkan.
    Mengerjakan tindakan spamming terhadap Layanan veronica Virtual Asisten Telkomsel.
  • Mengeluarkan pernyataan atau ujaran kebencian yang memicu masalah terhadap SARA (Suku, Agama, dan Ras).
  • Mengerjakan  pelanggaran keamanan layanan veronica asisten virtual.
  • Bertanya mengirimkan dan mentransmisikan gambar, video, audio, tautan/hyperlink, dan/atau dokumen tanpa seizin dari pemegang HAKI (hak kekayaan intelektual) yang bersangkutan.
  • Bertanya mengirimkan dan mentransmisikan gambar, video, audio, tautan/hyperlink, dan/atau dokumen yang termasuk dalam klasifikasi konten po**ografi.
  • Mengerjakan  illegal jalan masuk (akses) ke dalam Layanan asisten virtual veronica Telkomsel.
  • Memberikan informasi palsu yang memberikan pengaruh atau dampak pada kerugian pihak lain.
 
Sekian semoga dapat membantu dan bermanfaat. Salam Sehat. 
 
Dengarkan artikel ini lewat podcast.
 




Thanks for reading: Teknologi Tanya Veronika Asisten Virtual Mudah Digunakan, Lewat Chat Bisa! | Harga Pipa Besi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama